Tanda-tanda Nervous Dan Cara Mengatasinya

Ketika kita melihat orang lain yang sudah sangat kita kenal lama melakukan tindakan yang tidak normal atau tidak biasanya maka dibalik tindakan yang tidak normal tersebut sebenarnya ada alasan yang terpendam. Bagi orang yang sering hidup berdampingan misal pasangan anda (Suami/Istri/Orang Tua) pasti akan tahu respon fisik yang sama sekalipun dan tidak seperti biasanya. Orang yang sedang nervous pasti akan menunjukkan respon fisik yang tidak lumrah. Tidak munafik, saya pribadi ketika mengalami rasa nervous detak jantung berubah lebih cepat, berbicara terbata-bata, tangan bergetar dan keluar keringat yang berlebihan.

Sebenarnya ada banyak tanda atau perilaku yang terlihat sama pada seseorang yang sedang mengalami nervous, seperti yang diutarakan oleh Achmad Afandi (Mantan Anggota BIN) dalam bukunya menjelaskan:

1. Sering menguap dengan kencang
Seseorang yang sedang mengalami rasa gugup membuat otak menjadi lebih panas. Oleh karena itu tubuh akan merespon secara otomatis sehingga terjadinya peregangan rahang sebagai jalan menstimulasi saraf temporomandibular joint dan mereduksi stress. Sehingga akan sering menguap dengan kencang untuk meregulasi suhu tubuh supaya menjadi lebih dingin melalui hidung dan mulut.
2. Menggosok-gosokan kedua telapak tangan
Sebagian orang yang sedang gugup akan menggosok-gosokan telapak tangan kiri dengan telapak tangan kanan secara berulang kali. Hal ini dilakukan secara reflek karena tangan orang yang sedang gugup akan terasa dingin dan untuk menghangatkannya dengan cara digosok-gosokkan.
3. Menekuk persendian jari jemari tangan
Seseorang yang sedang nervous akan merasakan kaku pada persendian jari jemari tangan dan untuk melemaskannya biasanya ditekuk-tekuk hingga berbunyi kretek-kretek.
4. Bermain dengan rambut kepala atau sering menata rambut kepala
Berhubung rasa gugup sangat erat kaitannya dengan rasa tidak percaya diri, terkadang orang yang merasa gugup memainkan rambutnya seperti menata rambut, mengusap rambut dan memelintir rambutnya.
5. Menekan ujung bibir berkali-kali
Orang yang sedang nervous karena tertekan dengan tidak disadari oleh dirinya melakukan penekanan pada bibir atas dan bawah atau terkadang menggigit sedikit ujung bibir bahkan hingga berdarah.
6. Sering berkedip
Rasa gugup juga bisa diakibatkan karena tertekan dan respon fisiologi secara otomatis mata akan sering berkedip.
7. Berbicara cepat
Seringkali orang yang merasa gugup akan berbicara lebih cepat dari biasanya hingga terdengar tidak jelas kata-kata yang diucapkannya.
8. Sering menyentuh wajah
Biasanya orang yang sedang nervous/gugup akan sering menyentuh bagian wajah seperti mengusap dahi, mengelus/menekan pipi dan memijat-mijat bagian wajah. Hal tersebut dilakukan untuk menenangkan diri dan membantu meregankan syaraf otak yang tegang.

Dari semua tanda-tanda nervous diatas pasti pernah kalian lakukan, entah pada saat bertemu dengan big bos, calon mertua, action di depan banyak orang atau bertemu dengan gadis cantik yang kamu suka. Sebenarnya ada cara yang cukup populer dilakukan oleh kalangan selebritis Indonesia untuk mengatasi nervous yang sering mereka alami pada saat bernyanyi atau menjadi presenter di suatu acara yang banyak penontonnya. Cara mengatasi nervous yang paling populer dilakukan oleh selebriti Indonesia yaitu Hipnoterapi. Untuk informasi selengkapnya silahkan anda searching di browser kalian masing-masing.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *