Mengenal Panik Attack dan Cara Mengatasinya

Serangan panik atau panik attack adalah sebuah gelombang kecemasan dan ketakutan yang luar biasa. Jantung berdebar keras dan anda tidak bisa bernapas.Dalam banyak kasus,serangan panik menyerang dengan tiba-tiba tanpa peringatan apapun.Sering kali,tidak ada alasan yang jelas mengapa serangan tersebut terjadi. Bahkan gelombang kepanikan yang dapat melumpuhkan ini bisa saja terjadi ketika anda sedang bersantai atau tidur malam.

Panik attack mungkin hanya terjadi satu kali dalam seumur hidup,namun banyak orang yang harus menjalankan kehidupannya dengan ketakutan bahwa serangan panik akan tiba-tiba datang lagi. Serangan yang berulang umumnya dipicu oleh suatu situasi spesifik,misalnya menyeberang jalan atau berbicara di depan umum,terutama jika situasi itu pernah menyebabkan serangan sebelumnya,atau jika orang tersebut memiliki fobia atas situasi pemicu serangan paniknya.

Serangan kepanikan umumnya singkat,berlangsung kurang dari 10 menit,meski beberapa gejala dapat bertahan lama. Orang-orang yang pernah mengalami satu kali serangan panik memiliki risiko lebih besar untuk mengalami serangan berikutnya daripada mereka yang tidak pernah mengalami serangan serupa sebelumnya. Sebagian besar gejala serangan panik merupakan karakteristik fisik,dan sering kali gejala ini tampak begitu parah sehingga orang lain di sekitarnya berpikir bahwa ia sedang mengalami serangan jantung.

Saat diri anda sendiri yang mengalami serangan panik, coba untuk cari tahu apa yang membuat anda panik dan tantang ketakutan tersebut. Alihkan pikiran negatif tersebut dengan berkonsentrasi pada imajinasi positif. Pikirkan tempat atau situasi yang membuat anda merasa damai dan tentram,rileks dan santai. Trik ini dapat membantu anda mengalihkan pikiran dari situasi pemicu panik dan meringankan gejala anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *