Fenomena Alam Wisata Pulau Pari

Wisata Pulau Pari akhir-akhir ini menjadi perbincangan bagi para wisatawan karena keindahan fenomena alamnya sangat luar biasa. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang tergiur dengan keindahan yang disuguhkan di pulau pari, wisatawan asing banyak juga yang berdatangan menikmati panorama yang ada di pulau pari. Apalagi saat ini wisata pulau pari sudah tersedia berbagai fasilitas seperti penginapan, restoran, café, wahana air , wisata edukasi dan kantor LIPI. Berdasarkan sejarahnya pulau pari dahulunya tidak berpenghuni. Pada masa penjajahan belanda di daerah Banten dan Tangerang, maka sebagian penduduk melarikan diri untuk menghindari kerja paksa menggunakan perahu seadanya menuju ke arah utara dan tidak sengaja bertemu dengan pulau tidak berpenghuni tersebut.

Berdasarkan dari cerita warga pulau pari dahulu banyak kerumunan ikan pari diperairan dangkal disekitar pulau dan berdasarkan itulah pulau ini dinamai Pulau Pari. Berhubung seringnya ikan pari ditangkap oleh warga setempat untuk bahan makanan setiap harinya dan jumlah warga di pulau pari kian tahun semakin bertambah sehingga ikan pari yang ada disekitar pulau pari sangat jarang ditemui tetapi masih ada. Kehidupan masyarakat di pulau pari yang harmonis dan rukun membuat kehidupan di pulau pari sangat tentram dan aman. Berhubung jarak antara DKI Jakarta dan pulau pari tidak jauh hanya 45km yang bisa ditempuh dengan kapal laut selama 2 jam. Maka sering warga DKI yang berkunjung ke pulau pari sebagai tempat berlibur. Lambat laut dengan perkembangan jaman dan teknologi membuat warga pulau pari mengembangkan budaya alamnya supaya pulau pari menjadi tempat wisata yang mampu mengundang wisatawan domestik maupun internasional.

pulau-pari-jalaner

Salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Pulau Pari adalah Pantai Pasir Perawan karena air di pantai ini sangat jernih, pasirnya putih lembut dan biota laut yang ada di sekitar pantai ini sangat beragam serta indah sangat cocok untuk aktivitas snorkeling. Selain itu angin yang berhembus di pantai pasir perawan sepoi-sepoi alias tidak kencang begitu juga dengan ombak di pantai ini sangatlah kecil dan nyaris tidak ada ombak. Melihat pantai pasir perawan ini seperti melihat kolam renang yang sangat luas. Saat ini di pantai pasir perawan ini sudah tersedia berbagai wahana permaian air seperti banana boat, flying Fox, kano, perahu karet, speed boat dan lain-lain. Air pantai ini suhunya tidak dingin dan juga tidak panas dengan arus air laut yang sangat kecil sehingga membuat betah berlama-lama berenang di pantai ini.

pulau-pari-jalaner
Dibalik keindahan pantai pasir perawan sebenarnya ada mitos yang cukup meyeramkan berdasarkan cerita warga. Dahulu katanya ada seorang gadis yang masih perawan sedang bermain pasir di siang hari dan tiba-tiba gadis ini menghilang padahal kondisi pantai saat itu sedang cerah dan tidak ada badai jadi meskipun gadis ini mandi di pantai tidak akan diseret ombak hingga ke tengah laut. Lagi pula oleh warga setempat seluruh wilayah pulau pari sudah di telusuri hingga ke tengah laut dan dibawah laut pun gadis ini tidak ditemukan. Sudah seminggu pencarian terus dilakukan namun jasad gadis perawan ini tidak ditemukan hingga sekarang. Oleh karena itu warga setempat berfikir bahwa gadis perawan ini dibawah oleh makhluk halus ke dunia lain. Berdasarkan kejadian itulah pantai yang menjadi ikon pulau pari ini diberi nama pantai pasir perawan. Meskipun ada mitos yang berhembus di pulau pari seperti itu, tetapi anda jangan takut untuk mengunjungi pulau yang sangat indah ini. Sudah puluhan tahun wisata pulau pari dibuka untuk umum dan hingga sekarang tidak ada pengunjung yang hilang atau terjadi peristiwa yang aneh-aneh seperti mitos tadi hahaha. Terimakasih telah berkunjung dan membaca cerita singkat tentang sejarah dan mitos pulau pari.

Open trip Pulau Pari - Harapan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *